Minggu, 26 Februari 2017

Struktur Direktori Pada Windows

 Struktur Direktori Pada Windows



Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Pada kali ini saya akan memberikan sebuah materi mengenai struktur direktori pada Sistem Operasi Windows. menurut faktanya windows ini adalah sebuah sistem operasi yang user friendly dan juga sebagai mayoritas sistem operasi yang digunakan. maka dari itu mari kita gali lebih dalam lagi mengenai windows ini yu :D

oke langsung aja kita simak materinya gan

Pada sistem Operasi windows untuk struktur direktorinya sangat lebih friendly bila dibandingkan linux. 

Pada saat Windows diinstall pada suatu komputer, maka dengan otomatis OS Windows tersebut membuat direktori-direktori dengan maksud dan tujuan tertentu. Contohnya yaitu direktori yang menyimpan file user, menyimpan file sistem, dan menyimpan program-program, dll. Berikut akan dijelaskan mengenai direktori-direktori dasar pada windows.

User file direktori.

Secara default, Windows menyimpan sebagian besar file yang dibuat oleh pengguna di folder C: \ Documents and Settings \ user_name \ My Documents \. 
Folder My Documents folder berisi untuk musik, video, website, dan gambar, dll. Banyak program juga menyimpan data pengguna khusus di sini. Semua pengguna dari satu komputer memiliki sendiri folder My Documents berisi favorit masing-masing pengguna, cookie, dan item desktop. Namun, pada Windows 7, direktori Documents and Settings tidak tersedia seperti pada windows xp namun terdapat direktori yang berisi sub-sub direktori yang menyimpan file user yang terdapat di C:\Users\Nama_User Contoh pada laptop saya C:\Users\Dw7_CQ42. Berikut contoh gambar dari direktori penyimpanan.



File System

Ketika sistem operasi Windows diinstal, semua file yang digunakan untuk menjalankan komputer yang terletak di folder C: \ WINNT \ system32 untuk Windows 2000 dan C: \ Windows \ system32 begitu pula dengan Windows XP , Windows Vista dan Windows 7

Font


Folder Font berisi semua font yang telah terinstal di komputer. Font datang dalam beberapa format, termasuk TrueType, OpenType, Komposit, dan PostScript. Tipografi font yang font yang Anda dapat memilih dari dalam program. Beberapa contoh jenis huruf font yang Arial, Times New Roman, dan Courier.Folder Font dapat diakses melalui Control Panel. Font yang sudaah terinstal akan tersimpan di folder di C: \ Windows \ Fonts.



Temporary File

Folder Temporary File berisi file -file yang dibuat oleh sistem operasi dan program yang diperlukan untuk periode waktu yang singkat. Pada windows xp, file-file temporary dapat ditemukan di folder C: \ Documents and Settings \ user_name \ Local Settings \ Temp. Sedangkan pada windows 7, temporary files, disembunyikan oleh sistem. Untuk dapat mengaksesnya, Anda terlebih dahulu perlu mengatur konfigurasi view folders,files dan drivers untuk menampilkan folders, dan files yang disembunyikan system. Klik tab Organize>>Folder and search options>>pilih tab view>> lalu pilih Show hidden files, folders, and drives.

Kemudian anda dapat mencari folder tersebut dengan path C:\Windows\Temp, atau C:\Users\Dw7_CQ42\AppData\Local\Temp. Mengapa bisa terdapat 2 folder temporary files pada path yang berbeda?. Hal itu disebabkan, Temp folder yang terdapat di direktori windows, merupakan tempat penyimpanan file-file temporary yang dibuat sendiri oleh sistem ketika sistem bekerja. Sedangkan pada direktori Users, file-file temporary tersebut berasal dari proses-proses yang dilakukan user.



Program Files

Program Files merupakan folder yang berisi program aplikasi yang telah kita instal. Program ini biasanya diletakkan di folder
C: \ Program Files.



Bila ada request atau yang kurang dimengerti untuk ditanyakan kalian bisa mencorat-coret dikomentar.

Semoga bermanfaat. 

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh