Minggu, 05 Maret 2017

Pengertian dan Cara Kerja DHCP Server dan DHCP Client

Pengertian dan Cara Kerja DHCP Server dan DHCP Client






Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh


Pada kali ini saya akan membahas mengenai Sebuah DHCP Server dan DHCP Client untuk materinya langsung aja disimak dibawah ini


Pengertian DHCP

DCHP adalah kepanjangan dari Dynamic Configuration Host Protocol. DHCP adalah protocol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan local yang tidak menggunakan DCHP harus memberikan alamat IP kepada semua computer secara manual. Jika DCHP dipasang di jaringan local, maka semua computer yang  tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dan server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server.

DHCP didefinisikan dalam RFC 2131 dan RFC 2132 yang dipublikasikan oleh Internet Engineering Task Force. DHCP merupakan ekstensi dari protocol Bootsrapt Protocol (BOOTP).

Karena DHCP merupakan sebuah protocol yang menggunakan arsitektur client/server maka dalam DHCP terdapat dua cara kerja yaitu :
1.   DHCP Server
2.   DHCP Client.


Cara Kerja DHCP Server

-       DHCP server merupakan sebuah mesin yang menjalankan layanan yang dapat "menyewakan" alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua klien yang memintanya.
-       Jika sebuah server mati atau merestart, ketika si server menyala kembali secara otomatis ip nya akan dibagikan dari awal lagi kepada setiap clientnya


Cara Kerja DHCP Server

-       DHCP client merupakan mesin klien yang menjalankan perangkat lunak klien DHCP yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan DHCP Server.
-       PC client akan mengirim request kepada DHCP Server apakah masih terdapat slot ip yang kosong atau tidak. Bila ada slot ip yang tidak terpakai maka client akan mendapatkan ipnya, sedangkan jika tak ada slot ip yang kosong maka client tidak akan dapat terhubung pada jaringan tersebut.
-       Dan ketika PC client 1 dimatikan (terputus dari jaringan), ketika PC client 1 di nyalakan dan sambungkan kembali PC tersebut akan mendapatkan ip yang sama dan ataupun ip yang berbeda



Nah itu lah materi teori mengenai DHCP nya gmna sekarang udah jadi pada tau kan, apa itu DHCP dan juga bagaimana cara kerja DHCP tersebut

Bila ada request atau yang kurang dimengerti untuk ditanyakan kalian bisa mencorat-coret dikomentar.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh