Sabtu, 25 Februari 2017

Tips Ampuh Perawatan Printer semua jenis dan merk agar tetap baik

Tips Ampuh Perawatan Printer agar tetap baik





Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Kali ini saya mempunyai beberapa tips yang sangat baik dalam perawatan printer. Mengapa perawatan printer itu diperlukan?? Singkatnya seperti ini. Yang namanya sebuah benda akan selalu membutuhkan perawatan agar kondisinya tetap baik, apalagi sebuah printer yang selalu melakukan tugas untuk mencetak dan terkadang berada di tempat yang berdebu. Maka dari itu diperlukanlah sebuah perawatan printer agar printer yang kita miliki atau yang kita gunakan dapat memiliki jangka waktu umur yang cukup panjang dan tetap berfungsi semaksimal mungkin.

      Usahakan untuk menggunakan printer secara berkala dan teratur. Karena dengan merawat printer secara berkala bisa menjaga agar tinta printer tetap mengalir dan membasahi nozzle tempat keluarnya tinta.

      Biasakan untuk selalu meng-cleaning printer yang digunakan minimalnya 3 minggu sakali agar tinta selalu terbersihkan.

      Selain merawat kinerja Printer, bersihkan printer secara berkala juga, minimal setiap 10 hari sekali atau dua minggu sekali atau sesuaikan seberapa sering menggunakan Printer.

      Jauhkan printer dari tempat berdebu, agar head printernya tidak tersumbat oleh debu – debu.

      Gunakan pelindung printer dengan plastik atau kain biar debu atau serangga gak mudah masuk.

      Setelah menggunakan printer, jangan lupa untuk mematikan. Matikan printer secara benar dengan menekan tombol powernya (on/off) yg telah tersedia. Jangan mematikan printer dengan mencabut kabel power secara langsung dari aliran listrik. Karena dengan menekan tombol power, maka printer akan secara otomatis melakukan pembersihan permukaan head sebelum parkir atau berhenti di tempatnya saat kondisi mati.



      Usahakan menggunakan kertas yg bersih saat akan mencetak di Printer. Karena kalo menggunakan kertas yg kotor dan berdebu akan mengotori pada bagian kertas yang lain, dan lama kelamaan akan menyebabkan cepat rusak. Efeknya adalah hasil print akan tidak maksimal

      Selain harus menggunakan kertas yg bersih, gunakan kertas yang ketebalannya sesuai dengan printer yang digunakan dan juga saat ingin mencetak suatu dokumen/foto dan menjalankan printer, pastikan menggunakan kertas yg halus dan masukkan kertas dengan rapi. Karena kalo kertas tidak rapi atau melipat bisa merusak roller pada printer.

      Jika saat proses printing kertasnya tersumbat didalam printer jangan matikan printer. Lakukanlah mencabut kertas tersebut tepat searah jalur kertas itu keluar dari printer.

      Jika mengalami kegagalan saat mencetak, segera lakukan proses cleaning pada menu printer yg terinstal di komputer atau laptop.





Sekian Tips ampuh perawatan Printer agar tetap baik .

Bila ada request atau yang kurang dimengerti untuk ditanyakan kalian bisa mencorat-coret dikomentar.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh