Sabtu, 25 Februari 2017

Profesi pengembangan aplikasi web



Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Website adalah sebuah wadah bagi para orang-orang yang gemar menulis dari segala hal. Karena dengan disokongnya oleh WWW, maka kini orang-orang sudah mulai menyebarkan ilmunya kepada orang lain melalui Website yang dikarenak lebih cepat untuk membagikan ilmunya kepada orang lain. Karena dengan adanya WWW semua yang membutuhkan sebuah informasi dapat mengakses atau mendapatkannya dengan mudah melalui sebuah situs.

Selain lebih mempermudah manusia dalam menyebarkan sebuah informasi atau pun ilmunya kepada orang lain melalui sebuah website. Ada hal penting yang harus di perhatikan dari sebuah web yang kita bikin. Hal tersebut adalah sebuah web desain. Web Desain adalah sebuah interface atau tampilan website yang akan menarik daya Tarik seseorang agar ingin terus mendapatkan informasi yang dibutuhkannya melalui website tersebut, dan ada juga yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya simak langsung yang dibawah ini


1.      Web Designer


Adalah orang yang bertanggung jawab untuk menentukan tampilan sebuah website. Tugasnya adalah pendisainan tampilan situs (web) mulai dari pengolahan gambar, tata letak, warna, dan semua aspek visual situs. Fokus utama mereka adalah tampilan / layout dari web. Mereka lebih konsen dengan bagaimana halaman terlihat dan apakah berfungsi sempurna ketika sudah diberikan bahasa pemrograman. Didalam pendandanan suatu situs seorang Web Designer harus menguasai :
·      Pengolah Movie
·      Pengolah Animasi
·      Pengolah Gambar
·      DHTML
·      HTML


2.      Web Administrator


Operasi Server, baik itu mulai dari instalasi sampai kepada masalah (troubleshooting), biasanya seorang Web Administrator harus menguasai :
·      OS Unix (LInux, FreeBSD, dll)
·      OS NT
·      Jaringan
·      Keamanan Server


3.      Web Programmer


Web Programmer bertugas dalam melakukan pengcodingan atau pemograman sebuah website agar dinamis. dimana agar sebuah web tersebut dapat telihat mudah bagi seorang web admin.
Jika situs yang akan dibuat mempunya fasilitas interaksi antara pengunjung dan situs misalnya menyangkut dengan transaksi, input output data dan database maka seorang Web Programmer yang akan mengerjakannya dengan membuat aplikasi-aplikasi yang berkerja diatas situs (web). Penguasaan yang biasanya harus dikuasai pada umumnya oleh Web Programmer :
·      PHP
·      ASP (NT base)
·      Java Script
·      CGI Perl
·      Applet
·      MySQL (Unix base)


4.      Web Master


Adalah seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai dari disain, program dan keamanan server namun tidak terlalu turut mencampuri ke masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggun jawabkan atas jalannya suatu situs (web). Penguasaan yang harus dimiliki :
·      Java
·      DHTML
·      PHP
·      HTML
·      MySQL
·      ASP
·      Penguasaan bermacam OS (Operating System)
·      CGI Perl
·      Keamanan Server
·      Jaringan


5.      Web Developer


Kegiatan diatas secara keseluruhan dinamakan suatu team yang dinamakan Web Developer. Web developer memberi bantuan seperti konsultasi web, konsep web yang akan di buat, membangun sebuat website..


Nah itu lah bidang bidang profesi dalam pengembangan aplikasi web. Apakah kalian tertarik untuk menjadikan salah satu profesi di atas menjadi salah satu profesi kalian?? Jika tertarik asah terus ilmu yang ingin kalian kuasai, :D

Bila ada request atau yang kurang dimengerti untuk ditanyakan kalian bisa mencorat-coret dikomentar. 

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh