Sabtu, 25 Februari 2017

Sejarah, Pengertian, Jenis-Jenis, dan nama & bentuk Motherboard LCX, PC, XT



Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh


Sejarah Mainboard

Mainboard atau Motherboard pertama kali dibuat pada tahun 1977, oleh Apple untuk Apple II-nya. Dulu komponen-komponen komputer sepertiCPU dan memori ditempatkan di satu kartu tersendiri, dan dihubungkan dengan kabel-kabel. Karena sangat ruet dan repot menghubungkan satu komponen PC dengan komponen lainnya, para pengembang produk komputer punya ideuntuk membuat satu tempat khusus untuk menampung berbagai periferalkomputer. Terciptalah suatu papan lebar yang berisis beragam slot sebagai tempatmenyolokkankomponen-komponenPC.Papanitudinamaimotherboard.
Pengembang awal motherboard adalah perusahaan Micronics, Mylex, AMI, Huppauge, Orchid Technology, Elitegroup, dan DFI. dan beberapa produsen motherboard lain dari Taiwan. Antara tahun 1980 sampai 1990, penggabungan beberapa fungsi periferal ke dalammoterboard mendorong pencitraan motherboard ke dalam bentuk yang makin ekonomis. Integrasi pertama yang dilakukan adalah dengan menggabungkan slot keybor, mouse, dan floopy drive, serta port serial dan port paralel ke dalam motherboard.Standar awal yang pertama kali digunakan adalah PC/XT, dan dipakai IBM. Setelah itu, muncul lagi AT (Advance Technology). Setelah AT, muncul standar baru yang hingga kini masih digunakan, yaitu ATX (Advance Technology Extension). Standar ATX lalu dimodifikasi menjadi Mini ATX dan Micro ATX. Intel juga mengeluarkan standar BTX (Balanced Technology Extension). Produsen komputer VIA juga mengeluarkan standar yang dipakainya sendiri, yaitu mini ITX.Di awal tahun 200-an, pengintegrasian diperluas. Motherboard kini dilengkapi fitur sound dan VGA yang langsung menempel di badannya, istilah lainnya onboard. Fitur lainnya yang kini bisa didapat dari beberapa motherboard berupa konektivitas USB, FireWire, dan LAN.



Pengertian Mainboard

Mainboard adalah papan utama, ataupun sirkuit yang berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen pada komputer. Padapapanutamaatau Motherboard ituterdapatkomponen-komponenserta chip controller yang bertugasmengaturlalulintas data dalamsistem mainboard.Mainboard jugabisa disebutMotherboard.Pada mainboard terdapat bagian-bagian input maupun output berupa socket ataupun slot. Seprti socket processor, slot memory, konektor IDE, Slot peripheral, I/Oport, dll. Jadi semua tempat untuk komponen sudah tersusun rapi didalam motherboard ini. Mainboard dipasang atau ditempatkan di casing komputer. Jadi semua komponen yang ada dikomputer terhubung dalam papan sirkuit yang bernama mainboard.





Jenis-jenis Mainboard

Berikut adalah jenis-jenis mainboard atau motherboard yang dikeluarkan oleh intel berdasarkan series.

Extreme Series
DEKTOP BOARD
INTEL EXTREME CHIPSET
SOCKET
FORM FACTOR
DX5850

DP45SG

D5400XS

DX48BT2

X58 Express Chipset

P45 Exprss Chipset

5400 Express Chipset

X48 Express Chipset
LGA1366

LGA775

LGA771

LGA775
ATX

ATX

eATX

ATX


Media Series
DEKTOP BOARD
INTEL EXTREME CHIPSET
SOCKET
FORM FACTOR
DG45FC

DG45ID

DP35DP
G45 Express Chipset 

G45 Exprss Chipset

P35 Express Chipset 

LGA775

LGA775

LGA775

mini-ITX

micro-ATX

ATX


Classic Series
DEKTOP BOARD
INTEL EXTREME CHIPSET
SOCKET
FORM FACTOR
DG43GT

DG41MJ

DG41TY

DG43NB

DP43TF

DG35EC

DG31PR

DG33BU

DG33FB

G43 Express Chipset

G41 Express Chipset 

G41 Express Chipset 

G43 Express Chipset 

P43 Express Chipset

G35 Express Chipset 

G31 Express Chipset 

G33 Express Chipset 

G33 Express Chipset 
LGA775

LGA775

LGA775

LGA775

LGA775

LGA775

LGA775

LGA775

LGA775
micro-ATX

mini-ITX

micro-ATX

ATX

ATX

micro-ATX

micro-ATX

micro-ATX

ATX



Bentuk dan Nama Motherboard

·         LPX
Motherboard LPX dan mini-LPX ini secara original di kembangkan oleh Western Digital, tepatnya tahun 1987. Walau akhirnya Western Digital tidak lagi memproduksi motherboard, namun design asli dari LPX ini telah banyak ditiru dan terus diproduksi oleh pabrik pembuat motherboard lainnya. Namun, akibat dari tidak adanya design spesifik untuk riser card, hingga menyebabkan tidak adanya standarisasi dan kesamaan dari masing-masing pabrik dalam hal porsi penggunaan dari bus riser card ini. Dan itu menyulitkan bagi user untuk memperbaiki, mengupgrade, atau mengganti system yang menggunakan board jenis ini




·         Full-Size AT

Full-Size AT ini mendapatkan debut pertamanya saat IBM memperkenalkan PC-AT (Advanced Technology) pada Agustus 1984. Motherboard ini di design untuk memenuhi kebutuhan processor 16 bit-286 dari Intel, yang membutuhkan lebih banyak ruang dari yang bisa disediakan oleh motherboard pendahulunya, XT. Coba perhatikan gambar dibawah ini.

·         PC and XT

Motherboard pertama yang populer adalah motherboard yang didesign untuk PC pertama, yaitu original IBM PC yang di release pada Agustus 1981. Kemudian IBM mengeluarkan versi keduanya, yaitu XT, yang di release pada Maret 1983. Motherboad untuk IBM PC dan XT ini mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Bedanya? XT memiliki jumlah slot expansion yang lebih banyak. Coba bandingkan dari kedua gambar dibawah ini. Gambar pertama (kiri) menunjukkan motherboard untuk Original IBM PC. Sedangkan gambar kedua (kanan), menunjukkan motherboard untuk XT.

·         Baby-AT



IBM adalah produsen komputer pertama, yang menggunakan board terkecil. Yaitu saat IBM memperkenalkan XT-286 pada September 1986. Namun sayangnya, penggunaan nama "XT" ini rupanya membuat orang jadi bingung.Orang-orang mengira bahwa board XT-286 itu masih menggunakan teknologi yang sama dengan dengan board yang dibuat pada 1981 (IBM-XT). Dan hal itu berakitbat buruk bagi penjualan XT-286. Dan pada saat yang sama, perusahaan lain juga sedang mengembangkan board seukuran XT namun untuk kelas AT. Dan mereka berpikir, daripada memberi nama board tersebut dengan nama XT-size yang akhirnya juga akan membingungkan banyak orang, mereka akhirnya memutuskan untuk memberinya nama Baby-AT. Nama ini dipilih agar orang mengerti bahwa board tersebut telah menggunakan teknologi AT, namun menggunakan ukuran yang lebih kecil. Dan pada dasarnya, Baby-AT ini mempunyai ukuran dan design yang sama dengan IBM XT. Bedanya terletak pada layout dari penempatan lubang untuk mur atau baut yang disesuaikan dengan gaya dari casing AT. Motherboard ini juga mempunyai tempat yang spesifik untuk keyboard, dan slot connector yang pas dengan lubang pada casing. Baby-AT ini bisa digunakan untuk menggantikan system yang menggunakan motherboard full-size AT. Baby-AT juga bisa fit dengan beberapa jenis design casing. Karena flexibilitasnya inilah, yang membuat Baby-AT sangat populer, dan terus digunakan dari tahun 1983 hingga awal tahun 1996.  




Bila ada request atau yang kurang dimengerti untuk ditanyakan kalian bisa mencorat-coret dikomentar.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh